KRITIS.

ada satu teman yang berkata dan bilang pada saya mengenai Indonesia.
orang indon yang lagi tinggal di seberang..
aduh.. padahal saya baru bikin blog baru buat mamer ke public tentang potret2 Indonesia. tapi baru mulai, udah dikritik (ini inti yang dia bilang) :


Kenapa sih cuman bisa mamer aja kalo Indonesia tuh kaya lah.. gini lah.. gitu lah.
Tapi toh yang MENJAGA KEKAYAAN itu sendiri juga nggak.
bahasanya kasarnya "pamer doang, sekedar bangga."


Banyak kok beberapa daerah yang dinilai kaya akan sumber alam tapi toh dijual-jual juga.
di Kalimantan.. di Sumatera.. Sulawesi.. Papua.
masih banyak kan penebangan2 liar di hutan yang lolos2 aja?
dan masih banyak juga kan pembangunan-pembangunan segala macem di lahan hijau?
dan bahkan..
orang pintar pun kebanyakan lebih milih kerja di perusahaan swasta yang di luar negeri daripada di sini (GAJINYA STANDAR MEEEEN) .
see? toh nggak bisa dipungkiri kan negeri ini emang udah susah.


it's just funny aja buat mendengar koar-koar bangsa ini yang menyatakan ini lah itu lah..
hei, mo apa sih lo?
melakukan sesuatu juga enggak. bahkan untuk bisa melakukan sesuatu juga belom tentu bisa. sadar nggak sih THE 'IT' PEOPLE IS OWN THIS COUNTRY.
jadi mo bangsa-bangsanya kayak apa juga nggak bakalan ngaruh kalo 'mereka2' itu brengsek.
WAKE UP, THEY HAVE THEIR OWN POWER BECAUSE THEY ARE RICH. SO THAT MEANS, THEY COULD DO ANYTHING WHATEVER THEY LIKE EVEN FOR THIS RICH COUNTRY.



tanggapan saya untuk teman saya..

baiklah kalo maksudnya negeri ini emang udah terlanjur sih, mbak.
mungkin kita emang masih punya sebagian dari yang bisa kita pertahanin. tapi itu nggak akan lama kan maksudnya.. istilahnya kayak 'gedung2' es di antartika aja.. nggak lama pasti bakal mencair. itu kan maksudnya?

nah. negeri ini memang sedang mengalami krisis dari segi ekonomi, pariwisata, dll.. ya memang kebanyakan dan kedengerannya pemerintah di negeri ini cuman bisa sibuk memperkaya diri sendiri tanpa mikirin krisis di negeri sendiri. tapi yang saya yakini, nggak mungkin nggak ada pemerintah di negeri ini yang nggak nanggepin soal krisis2 tersebut.

dan kalau mo dibilang rakyat cuma bisa berkoar atau apalah.. ya kan namanya juga negara demokrasi. semakin banyak orang yang ngomong dan protes, maka semakin mungkin untuk ditanggapi, dan bahkan bukan 'mungkin' lagi ya, "pasti akan."

woi mbak,
ini tuh bukan kayak ngatur rumah tangga di bawah satu atap mbak.. ini tuh 1 milyar lipatnya. BUSET DAH DIKATA NGATUR NEGERI SELUAS INI KAGA RIBET!
(ngomong kaya gini aja gua ribet dah ni jujur)
yang namanya menyalahgunakan kedudukan lah atau kekayaan lah itu pasti ada di setiap negara. tapi bukan berarti 'it' people itu juga yang bisa punya negara.
sama aja misalnya kayak lo nemuin harta karun di pulau curuk. nah lo mo ngapain nenteng tu barang-barang kalo lo tau dalam 5 menit lagi tu pulau tenggelem.
emang sih pemerintah di negeri ini kedengerannya udah pada maruk.
tapi semua tindakan yang salah dan khilaf yang mereka lakukan bukan berarti nggak pake mikir kali. mereka pasti tau batasannya. dan yang buat nggak tau batesan, nggak bakal mungkin kaga diprotes. pasti selalu ada selintingan yang membawa ke sebuah diskusi yang melibatkan banyak orang, dan berujung ke DEMOKRASI.

NAH ITU DIA!
buat ngatasin hal itu dibutuhkan congor yang dashyat dan banyak! kayak mottonya pemilu deh,"1 suara adalah sangat berarti nilainya."
semakin banyak orang yang bangga maka semakin-semakin juga nilai patriotisme ini berkembang. syukur-syukur ngetokin hatinya tu pemerintah-pemerintah kita yang khilaf, nah ya kalo nggak? ya buat nambah-nambah pasukan aja kalo mo perang sama malingsia. terus soal sok pamer? YA GIMANA NGGAK MO PAMER!
THIS IS A BEAUTIFUL COUNTRY, EVER! BANYAK ORANG-ORANG BULE YANG MASIH BELOM TAU TENTANG INDONESIA, DAN GILIRAN PERTAMANYA TAU, YANG JELEK-JELEK, SOAL BOM.

emang cuma orang-orang sini aja yang bisa cinta lebay sama Indonesia? ya orang-orang sana juga bisalah. dan gimana caranya kita bikin mereka jatuh cinta dan banyak yang sadar sama keberadaan negara ini. karena semakin banyak yang mencintai negeri ini, semakin terjamin dan terjaga kualitas negeri ini.
Bahkan ada bule loh yang bilang,

"Banyak negara-negara yang takut kalo negara ini bakal jadi mandiri. karena kalau Indonesia menjadi mandiri, akan banyak negara-negara yang rugi. Indonesia terlalu kaya dan sangat nggak mungkin untuk ditinggalkan!"




SO ONE POINT!
WHATEVER MIGHT BE HAPPENS IN THIS COUNTRY!
BUT YOU KNOW, YOU CAN'T LEAVE THIS COUNTRY! AND YOU WILL NEVER LEAVE AND FORGET ABOUT THIS COUNTRY!




PROUD AS INDONESIAN?

"YES, WE PROUD!"





ini blog saya di tumblr.
(promosi) sekedar mengumpulkan potret-potret dari orang-orang yang mencintai negeri.
click here.








P.S
:

wuduuh..
saya pusing jadinya teman-temaaaaan.
saya merasa seperti orang mabuk lagi chatting sama orang kritis. ngapain ya saya nanggepin soal ngomongin negara ini .. berasa udah kayak jadi miss indonesia. tapi sudahlah. mungkin saya memang mabuk.

mohon maaf lahir dan batin.

Komentar