Senin, 29 Maret 2010

mereka ternyata memantau...........

ada yang pernah denger kalimat2 dibawah ini :


"Indonesia menyebut malaysia itu adalah plagiat. padahal mereka sendiri nggak sadar kalau mereka adalah negara plagiat terbesar di dunia. negara pembajak!"

"Desainer-desainer sampah. mereka sebenarnya nggak punya skill apa-apa dalam mendesain sesuatu. mereka cuma bisa mengandalkan photoshop dan illustrator."


"Sebenarnya mereka banyak yang pintar dan pasti hebat. tapi mereka sudah diperbudak teknologi. jadinya malas dan tolol. padahal mereka banyak yang memiliki skill yang sesuai dengan standarisasi dunia."


"Hahahaha... coba cari di negara mana yang desainernya mau saja merancang logo dengan bayaran hanya $2 atau sekitar 20 ribu rupiah."

"Padahal sangat disayangkan, negara mereka itu punya budaya yang besar. herannya, tidak ada satu desainer pun di Indonesia yang berani menonjolkan karakteristik dari kebudayaan mereka. mereka itu terlalu menurut dengan klien dan cenderung penakut."


"Negara kaya yang miskin dan tamak. mungkin landasan itulah yang membuat dunia desain di negeri itu tidak dapat berkembang. yang kaya-kaya (klien) pelit. yang desainer-desainernya penurut dan konsumen atau rakyat2nya 'buta huruf' semua alyas tidak peduli."


"Sisi seni rupa pada negara itu memang selalu terlihat berkembang. mereka selalu penuh demokrasi dalam berkarya. tapi heran ya, seni rupa yang mau sebagus apapun disana itu tidak terlalu disorot ya? seni rupa saja dicuekin. gimana seorang desainer grafis?! hahahahha..."


"Didalam negara itu sebenarnya ada desainer-desainer hebat memang. jaman dulu mereka punya banyak conceptor, jaman sekarang desainer-desainer indonesia hanya punya skill teknis. nggak heran mereka banyak yang menjadi babu-babu klien yang nggak peduli mau diinjak seperti apa, yang penting dapat uang."


"Mau dapet desainer murah? visit indonesia."


"Harusnya Indonesia bisa mendapatkan award sebagai THE BEST COPYCATER COUNTRY EVER. entah itu dari sebuah logo, desain baju, film, DVD, dan lain-lain. jelas lah mottonya : bukan soal kualitas, yang penting easy & cheap."


"Mereka memang kritis dan banyak bicara. mereka banyak yang mengaku kuat... padahal apa sih yang mereka lakukan? bukankah selama ini hanya cukup membanggakan apa yang nenek moyangnya dulu lakukan ya?"


"Sungguh kasihan dunia fotografi Indonesia. project pra wedd di haramkan...."


"Perlu diakui dulu mereka adalah negara yang hebat dengan pemuda-pemuda yang pemberani. sangat disayangkan, pada jaman sekarang, pemuda-pemudanya terlalu lemah dan tundak pada sebuah teknologi. susah mencari pahlawan yang berumur muda, apalagi pahlawan desain.... pahlawan yang memiliki konsep yang kuat sampai membuat seorang klien dapat menganggukkan kepalanya."


"Sudah terlalu banyak pelacur seni dan desain di Indonesia."


"Realitanya, faktor masyarakat di Indonesia BANYAK YANG TIDAK MAU PEDULI DAN MENGHARGAI seniman2 dan desainer2 yang sesungguhnya tercetak hebat!"

Kamis, 11 Maret 2010

kalo ada 30 hari.

Misalnya aja ya,
kalo ada namanya perayaan 30 hari tanpa internet.
semua jaringan internet mo itu lewat ADSL atau mobile, semuanya OFFLINE selama 30 hari..
tapi untungnya, masih ada listrik.
ya iyalah ampe nggak ada listrik, nggak bakal mungkin ada yang namanya jurusan Desain Komunikasi Visual ama ARTIS SINETRON.
nah..
kira-kira 30 hari tanpa internet mo ngapain?
jujur, saya mahasiswa yang statusnya adalah sebagai anak kosan.
hampir separuh waktu saya ada di depan komputer. separuh lagi dikampus. sedangkan separuh nyawanya di kasur. pada intinya, didalam kamar saya hanya ada KOMPUTER sebagai media entertainment.
dan saya jarang banget nggak buka firefox atau google chrome.
udah kayak raut muka saya bergantung dengan teknologi, atau media internet.

oke fine,
tapi kalo coba saya pikir waktu SMP.. saya belum kenal deket sama yang namanya internet, kenal sih emang, tapi belum ngerti sama yang namanya web social-networking atau finding web buat download di google (maklumin ya saya dari bocah parung)... LALU, daily activites yang saya lakukan adalah kalo nggak cuman main game komputer yang kartu2 itu ... ya baca komik, main basket, telfon-telfonan, nonton sinetron.
coba saya ingin membayangkan...
kalo besok internet offline selama 30 hari ke depan...

1. Saya nggak mungkin bisa 'library-ing' di Google.
2. Saya nggak mungkin bisa ngirim2 data dadakan lewat Yahoo!Mail ke orang yang di seberang sonoh.
3. Saya nggak mungkin bisa chatting dengan easily lewat messanger sama orang-orang.
4. Saya nggak mungkin ngecengin foto muka orang lagi nganga di facebook.
5. Saya nggak mungkin ngupdate twitter kalo lagi nggak jelas.
6. Saya nggak mungkin bisa punya bahan mentahan texture-texture buat foto kalo nggak download2ing.
7. Saya nggak mungkin dapet referensi secara instan.
8. Saya nggak mungkin menambah isi iTunes dengan lagu-lagu gratis hasil downloadan.
9. Saya nggak mungkin lain-lain.

Tapi sisi positifnya kalo emang nggak ada (untuk pribadi sendiri)
saya mungkin akan lebih sering mandi (karena nggak tau lagi mo ngapain) atau juga jadi lebih demen buat iseng-iseng bikin karya2 atau tugas, lebih sering makan, lebih sering tidur? lebih cepat tidur?

eh enggak yaaah...
ANAK KOSAN MO ADA INTERNET ATAU KAGAK YA NGGAK MUNGKIN BAKAL CEPET TIDUR.
secara masih ada game di komputer yang di install lewat software2 dr mangga dua atau glodok. secara masih ada DVD-DVD-an. secara masih ada mall dan pasar poncol. secara masih ada rokok sebatang dua batang. secara masih ada pacar. secara masih ada temen-temen. secara masih ada warung jamu.
dan yang paling penting adalah...
MASIH ADA PERPUSTAKAAN KALO MO GOOGLING SECARA MANUAL.
agak kasian sih ama perpus kalo dipikir-pikir... coba seringan mana ngunjungin google sama perpustakaan?
ya GOOGLE lah.. nggak usah kaki yang jalan! timbang click-clack doang.


intinya,
gw nggak yakin gw bakal bertahan hidup tanpa internet.
bisa sih bisa. tapi untuk ukuran mahasiswa yang separuh waktunya selalu berhubungan sama internet ya ampun kayaknya susah.
tapi satu sisi positif kalo nggak ada internet yaitu :
"Dunia jadi lebih bergerak."
jaman dulu sebelum ada internet dan ada listrik, bisa aja ampe ada yang nemuin listrik dan internet. terus bikin yang namanya e-mail.. dan seterusnya... istilahnya, kalo ada sebuah buku yang mana dari buku itulah kita ambil semua data-data yang kita butuhkan... kalo misalnya nggak ada yang membuat buku itu, apa kita mau untuk exploring. untung aja selalu ada orang yang lebih dahulu pinter kan yah...
nah lalu apa kalo semuanya udah tersaji didepan mata dengan one-click udah bisa bikin puas dengan apa yang diketahui.....?
entah apa karena emang orang2 lebih senang untuk menerima secara visual aja atau gimanalah.. yang jelas kayaknya kalo dibandingkan sama jaman yang sangat dulu, lebih banyak sekali penemuan-penemuan yang berguna untuk kedepan dibandingkan pada jaman sekarang (bukan berarti nggak ada loh, tapi maksudnya lebih sedikit lah)

seakan-akan kayak bilang :
"orang-orang dulu lebih banyak yang pinter daripada orang-orang sekarang."
 it means most of us diperbudaki sama teknologi dan cuma terpatok sama satu orang yang pinter tanpa pengen pinter.





nih gw intinya lagi ngomongin apaan si?
nggak fokus (macem berasa bener aja gw ngomong begini)
intinya yang nggak bisa saya pungkiri adalah saya merupakan salah satu budak teknologi. udah.

Minggu, 07 Maret 2010

portfolio

2 jam prosesnya. tiba-tiba ngeheng gara2 flash-web nya occured.
ya ya ya ngulang lagi.
setelah 3 jam antengin depan layar monitor, trus jadi juga.
iseng-iseng,
visit my web-portfolio...
HERE.

Selasa, 02 Maret 2010

Bye-bye ASMARA

Teman-teman, akhirnyaaaa...
dari awal membuat acara inagurasi, musik PG dikampus, dan lain-lain...  sampai akhirnya membawa adik-adik kita sampai kepada desarupa di kemping.... aaaaaaaaaaaaaah... banyak banget yang udah dilalui bareng-bareng!!! cerita susah senengnya bener-bener bakal gw ceritain ama anak cucu .. selek-selek antara panitia atau lain-lain sih emang pasti ada, tapi justru itu yang bikin cengar-cengir kalo diinget-inget lagi...

kalo diinget capek-capeknya yang kemaren dan jauh hari...
sampai akhirnya tinggal bengong sekarang ama ngurusin kuliah...
kesibukan-kesibukan yang kemaren jadi ngangenin tiba-tiba...
yang sibuk ngurusin rundown lah... yang rame-rame cari dana ngiter-ngiter dikampus sampe jakarta-ing, terus panik-panikan kalo ada masalah lah, trus bolak-balik kesana kemari, debat argumen, ngumpulin junior, nyiapin segala macem ampe mateng semateng-matengnya....
LEGAAAAAAAAAAAAAAAAAAA....
tapi kangeeeeeen, kangen banget!!!!

Gw nggak kebayang kalo mungkin 2 tahun lagi kita pada udah jadi alumni dan dateng-dateng ke kampus nggak sebanyak seperti yang biasanya jaman kita lagi 'megang jantung'nya tuh kampus...
kalo tiba-tiba gw dateng kekampus karena lagi nganggur trus kalian lagi pada sibuk dan nggak bisa dateng ke kampus pasti kesimpulan yang bakal ada adalah 'ah kampus sepi sekarang'... (ya iyalah, temen2 gw udah pada mencar)...
Atau kebayang nggak sih anak-anak kita bikin kemping buat 2011.. trus kita dateng ngeliatin anak-anak yang dulunya kita kerjain parah trus si anak-anak itu lagi marah-marahin anak-anaknya (alyas cucu) hahahahha... ah nggak sabaaaar liat 'some kit' galak... hahahaha...


Sedih.. tapi seneng...
disisi lain gw kangen sama aktifitas2 bareng bareng sama temen-temen, disisi lain juga gw seneng ini semua udah kelar dan bisa rangkul2an bareng temen2 baru yang mukanya udah nggak pakai tekanan2 lagi..... tapi kelar apa? gimana?
kelar ya karena akhirnyaaaaaaaaaa...
2009 disambut juga didesarupa dengan posisi sebagai anak bungsu!
gw sangat berharap semua yang udah dibangun selama 3 hari kemaren udah bikin maintenance mereka ready buat ke depan dan ke depannya. karena itu adalah inti dari semua ini.. dan gw yakin banget banget yakin mereka bisa bikin desarupa bangga nantinya.. karena pada kenyataannya kita sendiri enyak-babenya (2007) udah bisa bangga sama mereka.


gw sangat berharap desarupa nggak berakhir disini, di 2009...
2009!
WELCOME TO DESARUPA!!!
SEMANGAT TERUS YAAAAA!
DESARUPA IS A PART OF YOURS NOW.
jadi ayo 2010.... want to join us? come.


p.s : gw abis baca blognya tasya dan ijah.. seneng banget dengan tulisan mereka :)