lowongan graphic designer

is it just me or emang kebanyakan lowongan2 graphic designer pada nyari yang bener2 'lot in one' gitu? atau karena softwaare skill yang saya punya yang terlalu standar dan ketinggalan jaman jadi ngerasa banyak mau aja gitu?

Belakangan ini, memang saya sering sekali membuka jobsdb atau jobstreet, namanya juga fresh graduated. di cv saya selalu tulis pengalaman saya sebagai freelance. yang kalo ditotal2 ya, 1 year experienced juga bisa. Dan yang kerap saya temukan, ketika ada subject Urgently Required: Graphic Designer atau Web Designer.... sumpah deh.... syaratnya banyaaaaaak... paling sering nemuin ketiga syarat BM dibawah ini :

1. Software skill: Adobe, Flash, 3D, & more
2. min. 2 years experienced
3. (buat yang web design) Know HTML, CSS, bla and bla and bla

OH MY GOD, dan saya iseng liat-liat lowongan sejenis tapi dari negara lain seperti Singapore and others. Kebanyakan persyaratannya cuma tertera mahir dalam photoshop, illustrator, & indesign. dan good portfolio. Dan yang buat yang ngasi lowongan web design yah... CSS dan bla-bla-bla tuh bukannya udah masuk ke lapaknya anak IT yah... musti banget yah -___- kebetulan yang standar kan HTML yah.. dan yg namanya web designer is designing web bukan sekaligus jadi junior admin zzzz...
Perasaan doang kali yah.. kenapa saya lebih sering nemuin perusahaan yang padahal namanya udah keren tapi kayak mau ngehiring orang untuk melakukan pekerjaan yang seharusnya dilakukan atau dikerjakan oleh 3 orang (yg mirisnya gajinya padahal cm buat cukup untuk makan 1 orang) segitu kejamnya kah ....
seperti misalnya graphic designer yang merangkap jadi web designer dan juga admin sampai ke copywriter... dan emang yang kayak kasus gini2 kebanyakan ada pada inhouse graphic designer sih (kalo advert, yeh namanya aja udah desain banget ya pasti aturannya udah bener lah.. tapi jam kerjanya ituuuuu huhuhu harus betah2)

dan yang permasalahan problem2 fresh graduated. saya selalu mendengar kurangnya kualitas seorang fresh graduated karena masalah disiplin. masih sering kebawa kebiasaan waktu dikampus kali ya mikirnya... tapi toh, saya rasa nggak harus selalu yang namanya fresh graduated itu diragukan. kapan punya pengalamannya dong kalo dr awal selalu diragukan... tapi paling nggak ini jadi pelajaran sih kalo yang namanya pengalaman itu penting. orang bukan sukses dari seberapa tingginya ia berprestasi di akademis tapi pe-nga-la-man. semakin banyak membaca kita semakin tahu, semakin banyak pengalaman kita akan semakin belajar trampil. dan bukan berarti lo yang nggak punya pengalaman itu harus slalu ngerasa minder, jadikan motivasi dan tetap semangat untuk sampai ke langit yang dituju :) oh ya saya pernah denger kalimat orang pinter yang temenan sama buku doang bisa kalah sukses sama orang yang suka bergaul, bersosialisasi, dan senang berbicara di depan publik. emmmm menurut lo?


p.s  : duh pengen banget jadi pramugari tapi behelan gimana dong!

Komentar