dibawah umur.


Disekolahin kok malah jadi preman. It's always happening. tawuran antara pelajar sekolah yang satu dan yang lain. Dari sekian banyak tawuran yang sering terjadi, salah satu tawuran yang paling sangat ter-ekspose saat ini adalah tawuran antara sekolah negeri unggulan. Ya, mungkin karena sekolah unggulan dan maraknya social network kali ya makanya tiba2 bisa pada heboh banget.

Perbuatan anarkis dari kelompok tertentu itu memang sulit dicegah, di negara-negara manapun. tapi yang sangat disayangkan adalah, anarkisme dilakukan oleh anak muda yang memakai seragam. Solusi? Setiap permasalahan pasti ada solusi. Tetapi apa yang terjadi dengan pelajar-pelajar ini bukan hanya menyangkut mengenai lingkungan sosialisasinya aja loh.... faktor utamanya pasti adalah dari keluarga.

Keluarga dan lingkungan. Kebanyakan pelajar-pelajar yang anarkis tergolong dari golongan2 menengah ke bawah ya? ya iyalah..... makanya sebelum jadi orangtua pastikan dong kalo emang udah siap lahir batin dan finansial. Kalo dipikir malah yang kayaknya butuh penyuluhan tuh orangtua2 loh malah hahahaha ya iyalah. oke, misalnya. orangtua ini nggak punya cukup uang untuk nyekolahin anaknya disekolah yang berlingkungan 'tenang'... at least, orangtua harus bisa ngeprotect mentalnya dong. paling nggak 'labil'nya tuh diarahin kek biar nggak lewat-lewat banget. It's true story, pacar saya sekolah di STM yang emang udah terkenal sering tawuran. dan dia punya temen yang emang sama sekali nggak mau ikut2an sama yang namanya tawuran. dia temenan aja tapi tetep sama orang2 yang suka tawuran itu. padahal kalo dipikir-pikir, toh namanya lingkungan pergaulan, kok bisa sih nggak kebawa? BISA. karena orangtuanya sangat concern sama anaknya. yang mungkin penerapannya KENA banget aja gitu sampai anak itu NURUT. dan kebanyakan ya, yang saya tau.... emang dalam kasus pelajar2 tawuran tuh berasal dari broken-home ya? well... mo gimana sih... sehancur-hancurnya rumah tangga, paling nggak jangan sampai gagal dong jadi orangtua... itu kan wujud tanggung jawab juga kepada Tuhan :3

Yang sekarang terjadi adalah... sekolah unggulan yang kenapa kok malah tawuran?????
Padahal orangtuanya udah sengaja nyekolahin anaknya ke sekolah yang bagus untuk menghindari lingkungan yang 'nggak tenang'. ya mungkin balik lagi........ keluarga.
kan nggak ada yang tau background keluarga nya itu kayak gimana. dirumah kayak gimana. apa mungkin orangtuanya sama2 sibuk nyari duit. atau mungkin karma kali orangtuanya ngapain.
Yah... yang jelas...
punya anak nggak sama lah yah kayak melihara anjing.
semua yang dilakukan di dunia itu akan dipertanggung jawabkan di hadapan Tuhan nanti.
jadi singgungan juga ya buat para pekerja-pekerja di kemendiknas yang waktu itu makan di kantin daerah senen. yang katanya baru beli mobil fajero. terus salah satu temennya ngecengin bangga, "CIEEE, MOBIL BARU... ENAK NIH MENTANG2 LAGI BANYAK PROYEK." terus si orang itu bilang "SSSST.. UDAH JANGAN KENCENG2 NTAR DIDENGER KPK HAHAHAHA" ketawa lantang semuanya.
yah...
semoga anaknya dapet pendidikan dan pergaulan yang layak. minimal selamat lah dari tawuran dan bisnis prostitusi.

Komentar