SUUURABAYEAH


aduh dari mana sih ceritanya. berawal dari ngecek website sq dan ngeclick career (maklum job seeker). yang tiba-tiba nemuin announcement tentang walk-in interview sebagain cabin crew dan lokasinya di Surabayaaaak. yang entah kenapa nekat aja dong mau banget nyoba, akhirnya saya ke halaman facebook forum pramugari. yang disitu saya udah melihat beberapa posting mengenai sq. yang disitulah saya bertemu dengan J dan A. sebenarnya ada satu lagi sih namanya P, tapi karena dia nggak ada konfirmasi jadilah kita berangkat bertiga. yang J dari binus (baru banget lulus) dan yang satu lagi A dari FKG yesss seangkatan juga 2007 dan dia udah praktek sebagai dentist.

Kami memilih untuk naik kereta ekonomi (Kertajaya) untuk menghemat budget. harga tiket nggak nyampe 50 ribu, tapi aturan sekarang udah ada seatnya. dulu waktu ke Bali sama temen-temen harus berebutan seat dan itu riweeeeeh bet!!! Pas jalan ke dalam kereta yang penuh sesek itu tiba-tiba ada ibu-ibu yang minta tolong. "mbak, bisa tolongin naikin tas ini? saya nggak sampe" saya senyum dan bantuin ibu-ibu itu. yang saya dalem hati ngerasa, ini apaan sih berasa kayak pramugari kereta ngapah kebetulan banget gini si -___-
Dan perjalanan panjaaaaaaaaaaaaaang, karena kita pesen tiketnya dari indomart dan dengan jangka waktu yg berbeda beda, kita bertiga pisah seat. yang si J dimana.. yang si A dimana... tapi untunglah karena ada yang bersedia tukar seat.. kita akhirnya jadi duduk bertiga berhadap-hadapan. bener-bener dari ngobrol, curhat, tidur, makan, tidur lagi... sumpah perjalanan kerasa jauh bangeeeeeeeet

Pokoknya nyampe-nyampe surabaya lagi sejuk-sejuk banget deh. cuman pas mo pulang, tiba-tiba aja ketemu yang namanya matahari. dan matahari surabaya ya tuh ya... udah kayak gorontalo. pulang-pulang ke rumah aja nyokap kritik... "KOK ITEMAN MUKANYA" dan itu bikin saya sedikit ketar-ketir hingga sekarang segala luluran ampe masker muka. tapi tetep aja, surabaya dibandingin jakarta kayaknya nggak bisa dibandingin. surabaya rapih bangeeeet... got gotnya juga nggak kayak got depan kampus masih bersih... better banget dan yang paling penting NGGAK GITU MACET.
biarpun emang mobil-mobil cukup padat ya.

OKE langsung skip ke interview day. entah mungkin karena publikasinya kurang atau faktor persyaratan minimum requirementnya S1 yang jelas yang ikut ternyata nggak seramai di garuda (ampe hampir 1000) atau waktu sq di jakarta. ini kayak 100 orang juga sepertinya nggak nyampe.
berikut step-stepnya :

1. Documents check
Pas masuk-masuk ruangan kita dikasih kertas. yang hanya diisi nama, kemudian kita disuruh mengurutkan dari foto full length, pas foto, form applifcation, cv, dan copy ijazah. abis itu kita disuruh ngantri untuk menyerahkan dokumen-dokumen tersebut, kalo sudah oke/lengkap, kita disuruh duduk menunggu panggilan untuk ukur tinggi dan berat badan.

2. Height & Weight round
Ketika nama dipanggil. kita disuruh berdiri membelakangi tembok yang udah ada sticker meteran tinggi gitu. DEG-DEGAN banget ya iyalah secara ada isu kalo sq juga ada pengurangan tinggi 2-3 cm. dan saya cukup trauma karena cukup sudah di Garuda tinggi saya menjadi 156.5. tapi ternyata enggak. tinggi saya benar 159. seperti yang kebanyakan saya check di klinik. kemudian nimbang berat... oh 45. lumayan lumayan nggak underweight banget. abis itu disuruh duduk lagi di tempat yang tadi. sekalian kenalan sama kanan kiri.

3. Introduction round
Sekitar 8-10 orang di bagi dalam sebuah group. yang nanti disitu kita mendapatkan nomer peserta. saya mendapat nomer urut ke 33. yang ternyata nomer 32 nya nggak ada. which means saya urutan kedua!!! yang no.31 ada cewek cantik banget dari bali tingginya 178 gitu :o
Nah kita 1 group disuruh jalan ngikutin salah satu panitia dan dibawa ke arah ruangan yang tertutup. tapi belum sampai situ. kita disuruh duduk lagi untuk menunggu group sebelumnya keluar dari ruangan. group itu keluar. saya ketemu J teman saya dari jakarta itu, kemudian heboh kasak kusuk.. J sharing ke group kita kalo didalem disuruh introduction gitu pake bahasa inggris dan suruh ngejelasi "Why service is important?" J baik banget... karena yang lain dari group dia semua langsung pergi. tapi dia nempok dulu ngasi kisi-kisi ke kita dan temen-temen lain.

Then, akhirnya group kita dipanggil masuk. YA ALLAH saya masi inget nervous nya gimanaaaaa malah ruangan dingin banget lagi bikin makin makin. ya udah deh kita duduk di kursi yang melingkar gitu. sesuai dengan nomer urut yang udah ditempel di dada sebelah kiri. rekruternya ada 2 orang. yang 1 orang indonesia, yang 1 lagi bapak-bapak chinese gitu. masuk-masuk mereka terlihat santai banget kok tapi udah full english. dan sempet nanya-nanya seperti tau infonya dari mana... dan siapa aja yang datang dari luar surabaya. and thennnn.. mulai deh introduce self dan menjawab pertanyaan why service is important.

4. English test (Written)
Dari 10 orang yang ada dalam group saya yang lolos hanya 3 orang... yang orang bali itu, pramugari air asia, dan saya. dih? yang dipanggil lolos langsung masuk ruangan untuk mengitu tes tertulis yang waktunya sekitar 20menit. soalnya hampir-hampir kayak toeic test lebih kebanyakan tes grammar. dan ada satu essay yang dimana kita suruh mendeskripsikan tentang Indonesia. selesai dari situ kita disuruh menunggu after break makan siang untuk wawancara selanjutnya. total yang lolos dari introduction ke english test ternyata nggak nyampe separuh peserta O__O ibarat dari 80an orang yang lolos dari tahap 2... cuma ada sekita 20an orang yang lolos dari introduction round total2nya.

5. Interview round
Kembali duduk di kursi tunggu di depan ruangan yang tadinya dipakai untuk introduce. kali ini J lebih dulu masuk keruangan dari saya. keluar-keluar J bilang pertanyaannya hanya seputar pribadi dan kayaknya emang si interviewer cuma mau liat personality nya aja. masuk-masuk.... ya emang seperti casual talks sih. tapi kayak cara kita berbicara sampai body language tuh diperhatiin banget. ditanyain kayak selama ini ngapain aja. dan gimana pekerjaan sebelumnya terus kenapa berhenti. super duper nervous likeeeee... aduh ngomongnya saya udah pletat pletot deh. dan dibilangin saya keliatan nervous bangettttt kalo nanti jadi pramugari ngomong sama penumpang kan nggak boleh nervous. yang bener aja.... nggak lolos dong. sisa dari group saya sama sekali nggak ada yang lolos. even yang fluent with english like si bali, dan yang udah experience jadi pramugari pun.

6. Final round
Yang lolos hanya 8 orang kebanyakan bening-bening gitu. dari latar belakang yang berbeda-beda, ada yang baru banget lulus belum kerja sama sekali, ada yang padahal cuma iseng ikut karena deket rumah, ada yang pernah kerja di pertambangan... denger-denger untuk final round sendiri ada fitting uniformnya gitu yapppp kebaya yang super fancy itu!!!!!!!! sekalian skin check dan catwalk test. yah nggak tau yah kayak gimana tepatnya... belum nyampe situ juga sih

Dan ya.. yang lolos di final round itu bakal di susun jadwal untuk medical check up di jakarta. dan kalo lolos sehat walafiat tanpa gangguan penyakit dalam... yappppp!!! go to singaporeeeeee!!!! *katanya sih ada medical check up lagi di singapur sebagai syarat kewajiban bekerja di sana* abis itu baru deh training. well... dari kita bertiga yang dari jakarta emang nggak ada yang lolos. tapi pengalaman ini luar biasa banget... jadi lebih bisa mempersiapkan diri lagi lah kalo kedepan ketemu interview2 seperti ini lagi. semoga aja tiba saatnya ikut seperti ini lagi saya menjadi terbiasa dan nggak nervous lagi... duh yah gimana dong namanya baru pemula selama ini belum pernah sama sekali ngerasain interview begitu amat pake full english... karena sepengalaman saya interview sebagai graphic designer cuma ditanya pake bahasa indonesia dan di tes software!!!! OKAAAAAAAY THIS IS SPARTAAAA.. LEARN FROM FAILURE!!!! i don't want to be the best but i want to be better :3


p.s : pas walk in yang lagi duduk untuk dihitung tinggi kita liat bapak-bapak pake dasi kemeja udah keliatan kayak umur 40an diantara kami para ladies. gw nanya kasak kusuk ke A, "lohhhh bukanya cuman buat female ya???" yang ternyata pas pulang di hotel kita ngerumpi segala ngerumpi gw dapet dari J yang kebetulan duduk disebelahnya. "ITU CEWEK BOK!!!!" apaaaaaaaaaaaaaaaaaaa.... sumpah dan si J pas sok-sok nanya bilang "dari mana pak?" dia bilang "oh jangan panggil pak. saya cewek. tapi tomboy." YA MENURUT LOOOOO AJA!!!! dia pake kemeja putih dan dasi dadanya rata tapi pentilnya keliatan. bingung nggak sih lohhhhh!!!!! suaranya juga ngebass!!!! amayzeeeng luar biasa wonderful selalu aja ada yang buat intermezo gini dah ah

Komentar