Jumat, 23 Agustus 2013

my acne journey

wah udah lama banget saya nggak nulis disini.
first world problem: acne. sekarang muka gue udah better setelah semua peradangan tersebut. oke... KENAPA MUKA LO NDA??? KOK BISA???? DULU NGGAK KAYAK GITU??? WHAT THE HELL?!!! hahhhh... capek. oke, sekarang saya mo share tentang acne journey jadi kalo ada yang nanya saya tinggal jawab go to my blog.

1. Sekolah Menengah Pertama
Dari SMP muka saya memang sudah jerawatan dan waktu itu jerawatnya kayak blush on gitu merah ke semua pipi nggak ada matanya, dan memang hanya ada di pipi. udah gitu muka bener-bener oily. Getting worse ketika saya untuk pertama kalinya cuci muka pake sabun Biore. namanya juga mungkin nggak cocok sih yeh... tiba2 yg jerawat kecil2 kayak whiteheads gitu jadi gede-gede dan merah. yang saya lihat kembali, waktu SMP itu mungkin jerawat saya termasuk dalam jerawat puber. tipikalnya tapi lebih ke kayak ke tipe papule. red bumps all over my cheeks. Nah saya ingat sekali waktu itu saya dibawa ke dokter di bojongsari. sekarang udah nggak ada karena dokternya udah meninggal, jadi kliniknya udah gulung tikar gitu.

Perawatan di klinik itu selalu antri dan rame banget. karena sekali dateng yang jerawatan itu selalu di treat sama. mukanya di facial tapi pake semacam vacuum, abis itu ditepok kapas yang ada alkoholnya, terus di pijet pake alat yang glowing glowing gitu kayak laser tapi kayaknya bukan laser deh ya soalnya murah banget disitu jaman itu untuk treatmnt sekali dateng 20 ribu rupiah doang deh kalo nggak salah (belum termasuk kontrol dan krem2) udah gitu susternya banyak, cantik cantik loh masih muda-muda. tempatnya kecil. orang ngantri bisa ampe keluar-keluar. murah dan..... EMANG ADA HASILNYA.
tapi kayak mesti rutin gitu treatmnt disitu. dan muka nggak ada scarnya.
Lupa kapan jerawat saya akhirnya ilang. dan waktu mau 'vacum jerawat' lagi kesana.. eh ternyata udah sepi gitu, dokternya katanya udah meninggal. dan yang duduk disitu istrinya. loh ya istrinya kan bukan spkk yehhhh.. mungkin dr situ kali, satu per satu pasien ilang ya jadi tutup. untungnya jerawat saya sudah sembuh.


2. Sekolah Menengah Umum
Muka tetep oily, sabun cuci muka waktu itu udah bukan sabun dokter. tapi pake ponds yang warna hijau. jerawat yang ada ya cuma kayak menjelang menstruasi. nggak bandel mungkin karena juga nggak pake macem-macem kali ya. virginal skin banget deh, ke sekolah ga pake make up biarpun muka udah kayak tengki minyak. tapi lama lama (kalo dari yang saya lihat di foto2 jadul) jerawat saya kebanyakan tumbuh berada di area 'triangle of death' dan dagu. ketika lagi banyak-banyaknya saya selalu berobat ke dokter di parung sampai awal-awal kuliah. saya baru sadar saya selalu dikasih obat minum yang harus dihabiskan dengan efek samping bibir jadi kering. kayaknya obat racikan. kalo ke dokter itu muka selalu sembuh deh kayaknya. sekali dua kali dateng untuk kontrol saya pasti nggak dateng dateng lagi. karena emang muka jadi mulus.


3. KULIAH
awal-awal kuliah muka sama sekali nggak kenapa-napa karena saat itu masih belum lepas dari dokter yang di parung itu. Nah tapi semenjak saya ngekos, otomatis saya nggak pernah kontrol lagi dan bahkan menebus obat-obatnya. muka pure banget cuma pake bedak dokter itu, nah yang ditebus terus jadinya cuma parasol dan bedak dari dokternya itu. itupun nitip sama mama. ya namanya juga bocah -_____- lagi hectic2nya banget masa ospek dan tugas-tugas bejubel.

Sampai pertengahan semester. kayaknya semenjak pacaran sama david ya hahahahahha... mulai-mulai ada satu dua jerawat di muka yang red bump gitu kayak nggak ada isinya tapi sakit dan merah. yang lama-lama kok mulai rese dah jadi banyak. kebanyakan tetep.... di DAGU. akhirnya waktu liburan semester check up lah kesana (karena pulang ke rumah) soalnya dokternya klo nggak salah nggak pernah ada tiap weekdays dan adanya tiap jam 5 sore. dikasih resep dan rangkaian krem yang sama, terus saya lupa deh sembuh nggak yah. kayaknya sembuh sih, soalnya kalo di review foto-fotonya jaman itu mulus-mulus aja. oh ya minusnya itu, muka ngelupas. ini waktu masih sama dokter yang diparung.



muka nggak banyak berubah. nggak jadi putih. oily tapi ya kering ngelupas2 gitu. aduh ngejelasinnya gimana ya. banyak komedonya yang jelas iya. nah disitu bisa diliat bekas-bekas jerawatnya. itu sementara masih dalam penanganan dokter di parung.
Tapi ternyata lama-lama, jerawat yang gede-gede ilang tapi muncul banyak whiteheads. jerawat kecil-kecih di pipi dan dagu. akhirnya stop segalanya. ya saya cuekin aja.


tetep ada jerawat di dagu. aduh tapi terharu liatnya dulu muka licin bangettttt... ini kayaknya bener-bener nggak pake apa-apaan deh cuma (tetep) pake parasol dan bedak dokter.


4. AKHIR AKHIR KULIAH dan AWAL KERJA


saya coba cari file foto yang ada di laptop ini, yang ketemu kayaknya ini doang. saya ingat sekali ini belum pakai behel, muka saya mulai banyak jerawat2 nggak guna kebanyakan kecil-kecil, jadi klo diliat dibawah cahaya keliatan bakal bruntusan. cuma nggak ada foto lebih jelasnya sih disini -____- dan setelah saya pakai behel kayaknya disitu udah mulai masuk masa-masa galau sebel sama jerawat kok makin banyak.

2012.
saya ke erha. pertama kalinya. berhadapan dengan dokter aduh siapa ya namanya kayaknya dokter dewi deh. di cinere. bener nggak yah... saya ikutin aja pake krem apa dan apa.
sampai disuruh kontrol lagi... saya nggak bisa menyesuaikan jadwalnya sm si dokter karena seinget saya waktu itu lagi skripsi. yang kemudian ditemukanlah saya dengan dokter stanley. di cinere juga. krem-kremnya dirubah total. kalo nggak salah ada erha 4 buat pagi, malam ada AFT sama AMG 2.. yang saya review, perubahannya ini dari dokter stanley memang luar biasa!!!!!! jatuh cinta banget sama dokter ini. pokoknya selama saya di erha, klo kontrol pokoknya cari prakteknya dr. stanley. udah gitu dia nggak kayak dokter-dokter yang lain loh... apapun yang lu omongin bener-bener didengerin, care banget, nggak ada kesan buru-buru, dan kayak problem solvingnya bagus. THE BEST!!! saya selalu rajin kontrol dan ikutin semua rules dari dokter stanley. yang kemudian ketika saya review foto2 jaman itu emang bener-bener kulit muka jadi bagus, nggak cuma alus, tapi putih. ini foto-fotonya




kemudian saya kerja di wilayah kebayoran baru, di majalah interior itu. saya ngekos dan mulai nggak ngerti mo kapan check up lagi. krem mulai tinggal main tebus tebus aja tanpa kontrol sama sekali. yang akhirnya, saya baru tau waktu itu erha udah bangun cabang di pondok indah. yang ternyata ada dokter stanleyyyyyy horeeee.... waktu itu jerawatnya udah mulai nongol nongol lagi beberapa. dan lagi lagi kebanyakan di dagu -___- untung saat itu kontrol terus sama dokter stanley.



i was soooo narcissssssssmmmmm bcs feel beautifulllll.
terima kasih dokter stanley. saya mencoba untuk sangat setia dengan dokter stanley... ampe karena udah mulus, dokter stanley suruh saya kontrol jadi next 2 month.
semenjak ikut-ikut walk in interview pramugari, saya jadi sering memakai make up. nah kayaknya dari situ deh, mungkin iritasi atau ngebersihinnya nggak bersih, jadi tiba-tiba banyak gitu jerawatnya. terus ditambah lagi, semenjak kerja ditempat yang baru dari januari 2013. udah nggak pernah kontrol lagi sama dokter stanley, pas bela-belain bolos demi ketemu dokter stanley di cinere karena kondisi kulit ekstrim banget. sampe dokter stanley ngereview foto-foto saya dan dia heran sendiri. saya jujur aja waktu itu, emang nggak ada waktu jadi nggak bisa kontrol, nggak bisa nyocokin jadwal dokter huhuhuhu jadi krem yang dipake cuma satu-satu aja gitu nggak rutin.. lepas lepas lepas.. malah balik lagi ke awal, getting worse malahan. akhirnya dr. stanley sampai sekarang udah nggak pernah ketemu saya lagi. karena terakhir banget kontrol kayaknya bulan maret dia bilang, dia mau resepin saya roaccutane tapi pengawasannya harus selalu setiap 1 minggu kontrol. dalam kepala saya waktu itu mikir, aduh.... masa harus bolos kerja seminggu sekali -_____-
krem-krem erha pun satu per satu saya tinggalkan karena sama sekali nggak ada kemajuan berarti lagi.


5. RSPI, ESTETIKA, dan klinik hitam putih (punya tante sendiri)
saya pergi ke rumah sakit pondok indah khusus poli kulitnya. saya ketemu dengan dokter devi tiap hari sabtu. jerawat memang sembuh yang gede-gede ya. tapi yang whiteheads tetep banyak banget menjalar kemana-mana malah sampe pipi. udah gitu muka jadi oily banget dan kusam. karena memang dari dokter nggak ngasih krem-krem gitu. cuma obat totol jerawat. give up kenapa? mahal banget cong gue nggak sanggup. udah gitu perubahannya nggak begitu signifikan. mungkin dokternya lebih pengalaman di bidang yang ekstrim ya bukan seputar kecantikan seperti ini. yang jelas, kalo kontrol sama dokter ini, dokternya selalu ngejelasin secara detail semuanya. kontrol sekali 250rb tapi lu bisa tanya segalanya dan dijawab dengan jelas sejelas jelasnya.

mulai banyak blackheads, komedo, dan jerawat gede2 yang ilang satu numbuh satu. udah gitu lokasinya udah bukan didagu doang.

Kemudian saya ke klinik estetika. disitu cuma kontrol sekali. tapi saya nggak sreg. udah buang duit 800rb untuk beli krem2nya. krem-kremnya kerasa lebih ringan dari erha sih memang. tapi masalahnya udah 2 bulan, jerawat malah merambah ke pipi. rasanya mo nangis. ya Allah, mau balik lagi ke dr. stanley tapi masa mesti berhenti kerja dulu. masalahnya di tempat kerja sekarang nggak deket sama klinik pd indah, udah gitu saya nggak baw kendaraan. saya naik kereta turun di depok, mobil di stasiun depok. nyusul ke cinere? nggak mungkin krn dr. stanley prakteknya cuma sampe siang di cinere. huaaaa kangen banget narsis di kamera pengen kulit kayak dulu lagi sama dr. stanley.


Juni 2013



Sempet pengen ke dr. kun. tapi ngantrinya ituuuu udah minta diambilin sama calo tapi ga dapet, dan waktu itu hari sabtu. Gue udah nggak ngerti lagi dah.
Akhirnya ninggalin semua krem bla bla bla nggak mo ngikutin lagi segala macam tradisional dan rekomendasi mana2 karena udah capek. terus mudik. dengan harapan ketemu tante yang udah jadi spkk sekarang dan buka klinik di gorontalo. pengen muka gue bisa beres.

hasilnyaaaaa...........

1. muka di facial
2. di face spa
3. di peeling dan di suntik

dikasih serum vitamin c untuk ngilangin bekas-bekasnya. disuntik vitamin c juga. selama treatment seminggu gue ketemu 3x (karena libur kantornya emang cuma seminggu). bayangin kerumah sodara-sodara pake masker. saking malunya!!!!! hueekkk.
tapi ya liat foto yang terakhir. my skin is reborn.
ini berlangsung selama hampir 3 minggu. foto terakhir itu foto 3 hari yang lalu. semakin sering dipakein serum vitamin c itu, bekas-bekas jerawat saya menghilang. dan nggak lupa selalu kontrol lewat sms dan update di whatsapp tentang keadaan kulit saya ke tante. karena kliniknya lebih jauh musti ngelewatin lautan hahahahaa...


fyi, tante saya memperbolehkan saya pake make up loh.. makanya yang foto diatas kayak udah mulus bgt, padahal mah pake concealer. bekas bekasnya masih banyak soalnya. syaratnya tante boleh pake make up tapi malemnya cuci mukanya 3x proses!!!! pake milk cleanser nya, bilas, sabun cuci muka, bilas, milk cleanser lagi, bilas. sabun mukanya kayaknya bau-bau tree tea oil gitu sih... terus abis itu tepuk tepuk pake kapas di daerah yang berjerawat dan berbekas pake alkohol khusus yg dia kasih. udah deh abis itu krim malam satu.


ini foto nggak pake concealer,fondation, cuma pake krem dan bedak dokter
nyebelinnya ada satu jerawat baru muncul. mudah2an karena lagi menstruasi aja.


overall blackheads sm whiteheads udah bersih bener2 bersih. tapi ya bekas-bekasnya ini agak ganggu ya -____- untungnya nggak jadi scar. dan boleh ditutupin pake concealer.
easy, yuranda, calm down yuranda. ini belum 1 bulan.


Kalo mungkin antisipasi paling buruknya muka kembali ke awal lagi. nggak permanen bersih.
kayaknya saya akan mulai dari awal lagi ke dokter stanley. walaupun saya harus mengorbankan pekerjaan saya deh. soalnya jamannya dr. stanley tu kayak kece banget dah hidup gueeeeeh... 

8 komentar:

  1. saya sangat bersyukur dan bertrima kasih bynk
    kepada.MBAH RIJI atas bantuan no.ghoib/ritualnya“4D( 5020)`
    alhamdulillah benar-benar tembus~~~
    berkat bantuan MBAH saya bisa melunasi utang2 keluarga saya
    dan hanya rasa trimakasih yg tak terhingga yg bisa saya ucapkan kpd MBAH RIJI
    Inza allah KI tuhan akan membalas atas semua kebaikan MBAH
    Ini info buat sahabat yg lagi kesulitan masalah ekonomi
    terlilit utang atau mau cari modal dengan singkat melalui jalan togel
    HUB; NO DIMBAH RIJI;_082 388 362 128_jgn di sms hub. lansung.
    saya sebagai saksi hidup beliau dan bukti nyata MBAH RIJI
    yg punya room terima kasih assalamu alaikum

    BalasHapus
  2. hihihi , share sedikit tentang review dokter kulit nih ya ,
    mana tau bisa bantu kalian buat kasih masukan ,
    kemaren aku ke CYL.ec utsukushi beauty clinic & skincare , dr.winaly christy sp.kk . spesialis dokter kulit hasilnya bagus dan ga bikin aku ketergantungan , aman banget sist , ,
    soalnya jerawat , lobang bekas jerawat n komedo ku udah nggak ada lagi sejak ke CYL.ec utsukushi beauty clinic & skincare ,
    temen2 ku yang punya jerawat , komedo . flek , lobang bekas jerawat , keriput , pori besar , sembuhnya di CYL.ec utsukushi beauty clinic & skincare . dr.winaly christy sp.kk
    muka putih bersih , bercahaya gitu setelah aku pakek 2 minggu'an , hihihihi ,
    klo gak slh website ny : http://www.cylecutsukushi.com , cek jeeeeeee , , , ^^^^^^^^
    bisa di beli online juga sih , aku kalo males ke klinik biasanya by sms , tinggal transfer , trs di kirim ,
    enaknya di klinik ini , gratis konsultsi , heheheh ,

    aku benar benar udh kapok k klinik kecantikan lain , udh k erha , Natasha , ketergantungan , hiksss , , ,
    untung aja ketemu CYL.ec utsukushi , skrg bs lebih pd walau tanpa make up dan bedak ,

    BalasHapus
  3. wew jerawatnya sampe gede gede gitu yaa.. kalo saya sendiri cara menghilangkan jerawat pake minyak zaitun aja T.T ga berani pake pake yang lain.. takut malah muncul jerawat lebih banyak lagi

    BalasHapus
  4. takut muncul Jerawat Berminyak Dan Sensitif dimuka ?
    pakai saja Obat Jerawat Repellent Acne !

    BalasHapus
  5. www.treni-network.com/user/mediamerisa

    BalasHapus
  6. www.treni-network.com/user/mediamerisa

    BalasHapus